Asia Tenggara adalah area yang sangat rawan dengan bencana alam, oleh karena itu peran badan tanggap darurat bencana menjadi sangat penting.

Oleh karena itu, pada 2011 ASEAN mendirikan badan mitigasi bencana yang disebut dengan AHA Centre (ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management) untuk membantu negara-negara anggota yang mengalami bencana alam.

Hal ini disampaikan Adelina Kamal, Direktur Eksekuti AHA Centre yang menjelaskan bahwa badan ini dapat menawarkan bantuan kemanusiaan yang disimpan di gudang di Malaysia atau mengirimkan tim penilai ke negara terdampak bencana.

"Kita ada Prosedur Operasi Standar. Kalau misalnya ada bencana, bisa negara langsung membantu secara bilateral atau bisa meminta AHA Centre yang memfasilitasi atau meminta AHA Centre memobilisasi sumber daya regional," jelas Adelina.

"Tim penilai juga begitu, kita tinggal mobilisasi. Kita ada 222 (orang) jadi kita tinggal pilih. Tidak hanya dari pemerintah tapi juga dari masyarakat madani, tinggal dipilih, sudah dilatih."