Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menargetkan kontingen Indonesia bisa kembali meraih gelar juara umum pada ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Perolehan medali emas Indonesia diharapkan bisa melebihi target saat pesta olahraga penyandang disabilitas tingkat Asia Tenggara di Malaysia pada 2017 silam.

Menpora Zainudin Amali berharap Indonesia bisa kembali meraih gelar juara umum pada ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Target tersebut mampu dipenuhinya setelah melihat dari dekat berbagai persiapan pemusatan latihan di Solo yang dilakukan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, atlet dan pelatih.

"Kita punya optimis, apalagi kita yang lalu juara umum ya. Masak juara umum kemudian kembali lagi tidak menjadi juara umum," kata dia saat melakukan pertemuan dengan para atlet dan pelatih kontingen Indonesia yang akan berlaga pada ASEAN ParaGames 2020 di Lorin Hotel Solo, Rabu, 20 November 2019.

Bahkan, Menpora terjun langsung untuk memantau berbagai persiapan para atlet penyandang disabilitas yang akan berlaga di ASEAN Para Games. Selain mengunjungi pemusatan latihan sejumlah cabang olahraga, ia juga menemui para atlet dan pelatih kontingen Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Zainudin meminta untuk meningkatkan mental bertanding para atlet disabilitas tersebut. Para pelatih juga diminta untuk memompa semangat para atletnya supaya saat bertanding nanti mentalnya kuat. Menurutnya, kondisi mental pemain sangat berpengaruh tehadap perolehan hasil bertanding.