Singapura: Menteri pertahanan (menhan) dari negara anggota ASEAN berkumpul di Singapura membahas berbagai isu pertahanan strategis. Pertemuan itu berlangsung dalam agenda ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) dan ADMM Plus pada 19-20 Oktober 2018.

Menhan dari Asia Tenggara yang hadir antara lain dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Hadir pula perwakilan dari negara anggota ADMM Plus, yakni Australia, China, Amerika Serikat, Jepang, India, Selandia Baru, Rusia, dan Korea Selatan.

Mengutip Antara, pertemuan ini membahas perkembangan hubungan bilateral dan multilateral dari masing-masing negara, isu-isu regional, kontraterorisme, penanggulangan bencana, persoalan Laut China Selatan, dan persoalan pertahanan lainnya.

ADMM merupakan wadah kerja sama dalam bidang pertahanan dan keamanan yang dibentuk pada 2006. Pada pertemuan pertamanya terbentuk prakarsa kerja sama pertahanan dan kemananan di Asia Tenggara.   

ADMM juga dibentuk untuk menciptakan iklim saling percaya antarnegara anggota ASEAN. Tak ayal pertemuan ini dikenal sebagai wadah memperkenalkan diplomasi pertahanan.

Pertemuan pertama ADMM diadakan di Kuala Lumpur pada 9 Mei 2006. Pertemuan kedua diadakan di Singapura pada 14 November 2006; pertemuan ketiga di Pattaya pada 26-27 Februari 2009; dan yang keempat di Hanoi pada 11 Mei 2010. ADMM juga mengadakan "retreat" untuk bertukar pandangan secara informal, seperti pada pertemuan di Bali pada 24 Maret 2007, di Bangkok pada 3 November 2009, dan di Hanoi, Vietnam, pada 11 Oktober 2010.

Pertemuan di Hanoi tersebut diprioritaskan dalam pertemuan pertama sebagai ADMM-Plus yang berbicara mengenai keterlibatan negara-negara eksternal power (selain ASEAN).