JAKARTA (ANTARA News)-Pemerintah Inggris berniat untuk mempererat hubungan dengan negara-negara anggota ASEAN guna mengantisipasi kondisi negaranya setelah keluar dari Uni Eropa (Pasca-Brexit).

Komitmen tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Inggris Sir Simon Mcdonald saat bertemu dengan Wakil Sekjen ASEAN untuk Urusan Politik dan Keamanan Hoang Anh Tuan dan Wakil Sekjen ASEAN untuk Urusan Ekonomi Aladdin de Rillo di Kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis(10/1).

“Sinyal yang kami kirim adalah inggris telah berminat dengan ASEAN dan ingin meningkatkan hubungan dengan ASEAN, dan saya telah memberi tahu para Wakil Sekjen ASEAN bahwa kami tahun ini akan menunjuk seorang duta besar yang didedikasikan khusus untuk ASEAN,” ujar McDonald.

Saat ini Duta Besar Inggris untuk indonesia Moazzam Malik masih merangkap sebagai duta besar Inggris untuk ASEAN. “Namun, sekarang kami pikir ini merupakan suatu tugas yang cukup besar sehingga kami harus menunjuk seorang duta besar (Inggris) khusus ASEAN. Wakil Sekjen ASEAN yang menyambut penunjukan ini dan ini merupakan dsar yang baik untuk diskusi yang baik tentang pengembangan hubungan Inggris dengan ASEAN,” kata McDonald.