Ada 18 negara yang akan diundang dalam dialog tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan menggelar dialog tingkat tinggi Indo-Pasifik di Jakarta pada 20 Maret mendatang. Hal itu dia sampaikan seusai bertemu Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Rabu (13/3).

Menurut Retno, terdapat 18 negara yang akan diundang dalam dialog tersebut. "Dialog tingkat tinggi ini akan menjadi platform untuk memperkuat kerja sama dan pembangunan kepercayaan, serta diskusi kerja sama Indo-Pasifik," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi dukungan Thailand atas konsep Indo-Pasific Outlook yang digagas Indonesia. "Indonesia sangat berterima kasih atas dukungan penuh Thailand sebagai ketua ASEAN. Kita menyambut teks ASEAN di Indo-Pasific Outlook sebagai usulan dari senior official meeting (SOM) di Bangkok awal bulan ini," kata Retno.

Retno mengatakan Indonesia menanti kolaborasi dan kerja sama dengan Thailand di Indo-Pasifik. Konsep Indo-Pacific Outlook dirancang oleh Indonesia. Ia memberikan 10-anggota ASEAN kepemimpinan intelektual untuk membahas masa depan wilayah tersebut yang telah menjadi kekuatan pendorong utama ekonomi global.

Beberapa negara telah mengembangkan ide, proposal, dan terminologi masing-masing dengan perspektif mereka sendiri. Jepang memiliki the Free and Opem Indopacific Strategy (FOIS). Sementara India memiliki konsep Security and Growth for All in the Region (Sagar).