Manila, CNN Indonesia -- Indonesia menjadi satu dari sekian banyak negara yang menginspirasi salah satu maskapai penerbangan milik jutawan Tony Fernandes, AirAsia. 

Salah satu brand lokal asal Indonesia, yang terkenal dengan istilah ‘Damn, I love Indonesia’ sukses membuat Tony Fernandes jatuh cinta dan ingin menyimpan istilah tersebut di salah satu pesawat AirAsia miliknya. 

“Saya tertarik, dan saya langsung jatuh cinta,” kata Tony saat ditemui di Pangkalan Angkatan Udara Filipina (PAF), Manila, Selasa (14/11). "ASEAN memiliki budaya yang luar biasa. AirAsia ingin menghubungkan ASEAN, membuat masyarakat ASEAN jadi lebih dekat. Kita mengambil brand Indonesia yang menarik ini," kata CEO Grup AirAsia tersebut. 

Tulisan ‘I Love ASEAN’ pun menghiasi badan airbus, jenis pesawat yang digunakan oleh AirAsia untuk menerbangkan konsumennya.

Selain itu, di badan pesawat juga dipenuhi desain dengan motif yang terinspirasi dari tekstil, arsitektur, seni, dan alam dari 10 negara Asean.

Di badan pesawat tersebut tampak gambar kain ulos dari Batak Indonesia, batik cetak dari Malaysia, poom khao bin dari Thailand, tapis dari Filipina, trong dong dari Vietnam, kbach pka Chan dari Kamboja, Lao Phouthai dari Laos, chate dari Myanmar, jongsarat dari Brunei, dan Vanda Mission Joaquim dari Singapura.

"Mulai hari ini, pesawat-pesawat AirAsia tidak hanya memiliki bendera negara-negara ASEAN, tapi juga logo ASEAN. Untuk merepresentasikan bahwa kami adalah brand dan perusahaan ASEAN. Masa depan adalah satu pasar dan kita bekerja bersama," sambungnya. Sehingga, lanjut Tony untuk ikut memperingati 50 tahun hari jadi Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) dia pun bekerja sama dengan brand lokal Indonesia tersebut untuk meluncurkan program AirAsia Loves ASEAN. 

Selengkapnya: CNN Indonesia