JAKARTA - Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde memuji upaya Indonesia dan negara di ASEAN lainnya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di negaranya dan keluar dari negara menengah (middle classes).Hal tersebut dikatakannya dalam acara Higle Level International Conference yang digelar di Jakarta, dalam rangka menyambut IMF-World Bank Annual Meetings pada akhir 2018.

Dia mengatakan, Indonesia dan negara-negara di ASEAN lainnya sukses meningkatkan pertumbuhannya dan meningkatkan standar hidup dari jutaan masyarakat di kawasan. "Dengan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang kuat selama hampir dua dekade, mereka (Indonesia dan ASEAN) telah menjadi key drivers dari ekonomi global," katanya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Menurutnya, kesuksesan negara-negara di ASEAN meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negaranya bukanlah sebuah kebetulan. Hal ini karena mereka mengimplementaskan kerangka kebijakan yang kuat, belajar dari kesalahan di masa lalu, serta terbuka terhadap perubahan. "Ini tentang pengimplementasian kerangka kebijakan yang kuat, belajar dari kesalahan di masa lalu, serta terbuka terhadap perubahan. Kerja keras tersebut akhirnya terbayar," imbuh dia.

Menurutnya, dunia perlu belajar banyak dari kesuksesan kawasan tersebut, termasuk mengenai norma yang selalu mereka anut yakni "ASEAN Way" yang menjangkau ke seluruh perbatasan. Lagarde menganggap kerja sama yang dilakukan negara-negara di ASEAN sebagai sebuah gotong royong untuk mencapai sebuah tujuan.