Jakarta – Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja menerima Deputy Secretary (Policy)Kementerian Pertahanan Singapura Mr. Keith Tan Kean Loong, Rabu (1/8), di Kantor Kemhan Jakarta. Dalam kesempatan tersebut Deputy Secretarymenyampaikan beberapa hal yang perlu didiskusikan antara Indonesia dan Singapura diantaranya Pertemuan 12th ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) dan 5th ADMM Plus serta Working Group Meeting yang akan berlangsung bulan September di Singapura.

Deputy Secretary mengungkapkan, beberapa kerangka kerja sama antara kedua negara menjadi fokus perhatian pada tahun ini seperti Counter Terrorism Cooperation. Kerja sama penanggulangan teroris ini diharapkan dapat dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu ASEAN. Pada tahun ini juga Singapura akan menyelenggarakan kegiatan Counter Terrorism Conference. Dalam konferensi yang berlangsung pada bulan Oktober ini, tidak hanya akan dihadiri Menteri Pertahanan negara-negara sahabat saja tetapi juga melibatkan pemerintah terkait, seperti Kepolisian, BNPT dan Kementerian Dalam Negeri serta kalangan akademisi.

Deputy Secretary berharap Indonesia dapat menyampaikan pandangannya mengenai counter terrorism. Mengingat Indonesia adalah negara yang memilliki banyak pengalaman dalam penanggulangan teroris.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Kemhan RI mengatakan bahwa informasi intelijen dan informasi lainnya dapat didiskusikan melalui badan intelijen atau atase pertahanan yang berada di negara masing-masing. Sekjen Kemhan menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kesempatan yang diberikan kepada Menhan untuk menyampaikan pandangannya mengenai penanggulangan teroris. Dikatakan Sekjen bahwa dalam beberapa kesempatan Menhan selalu menyampaikan pandangannya mengenai Counter Terrorism.

Sebelumnya Deputy Secretary juga melakukan pertemuan dengan Rektor UNHAN Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A dan membicarakan beberapa kerja sama yang dapat dilakukan. (ERA/SPD)

Sumber Kementerian Pertahanan