Jakarta, 24 Februari 2021

Sekretaris Jenderal ASEAN Dato’ Lim Jock Hoi untuk pertama kalinya berkunjung ke Kementerian Kesehatan dan bertemu langsung dengan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (24/2).

Mengawali pertemuan, Sekjen ASEAN mengucapkan selamat atas pengangkatan Budi G. Sadikin sebagai Menteri Kesehatan RI dan menegaskan dukungan kepada Menkes sebagai Ketua ASEAN Health Ministers Meeting (AHMM) periode 2020-2021. Dalam kesempatan ini Sekjen ASEAN juga memuji Indonesia yang telah melaksanakan program vaksinasi.

Menkes menyambut baik kunjungan Sekjen ASEAN dan menyampaikan apresiasi atas asistensi yang diberikan oleh Sekretariat ASEAN kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Kesehatan dalam menyelesaikan tugas-tugas Keketuaan.

Disampaikan oleh Sekjen ASEAN bahwa peran Indonesia sebagai Ketua AHMM sangat krusial tidak hanya dalam mendorong pembangunan kesehatan kawasan, namun juga di masa pandemi ini untuk menggalang solidaritas dalam mengoordinasikan penyelesaian inisiatif baru serta pelaksanaannya. “Saya sangat menghargai upaya yang sudah dilakukan oleh badan sektoral ASEAN sebagai sektor terdepan dalam penanganan pandemi di Kawasan dan juga sangat menghargai dan akan mendukung 3 (tiga) inisiatif baru yang dipimpin Indonesia, yaitu ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework, ASEAN Health Protocols in Public Places, dan ASEAN Cross-Border Contact Tracing and Rapid Outbreak Investigation”, Dato’ Lim Jock Hoi memberikan penekanan lebih lanjut.

Selengkapnya Kementerian Kesehatan