Jakarta, wapresri.go.id – Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat organisasi perhimpunan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN). Hubungan antara negara-negara ASEAN juga diharapkan semakin intensif tidak hanya di bidang politik dan sosial, tetapi juga di bidang ekonomi dan perdagangan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung ASEAN. Untuk itulah kita memperluas bangunan kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta dan membuat lebih banyak program,” ujar Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla saat menerima kunjungan pamitan Duta Besar Republik Sosialis Vietnam untuk Indonesia Dr. Hoang Anh Tuan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (4/1).

Duta Besar Tuan akan mengakhiri misinya pada awal Maret 2018 setelah bertugas di Indonesia selama 2 tahun 2 bulan. Setelah itu, ia akan menduduki jabatan barunya sebagai Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Bidang Politik dan Keamanan.

Mengenai hubungan antara Indonesia dan Vietnam, Wapres mengatakan kedua negara telah memiliki hubungan layaknya saudara sejak lama.

“Pada masa Presiden Soekarno kita bahkan memiliki poros Jakarta-Hanoi-Pyongyang,” terangnya.

Wapres berharap hubungan yang terjalin baik dari dulu ini dapat ditingkatkan ke berbagai hubungan strategis di bidang ekonomi, sosial, dan bidang lainnya.

Terlebih lagi, tambahnya, Indonesia dan Vietnam memiliki sejarah yang hampir sama.
“Kita dulu sama-sama berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. Semangat juang seperti inilah yang harus terus kita miliki untuk memajukan negara kita,” tegas Wapres. (FM, KIP Setwapres)

Selengkapnya: Wakil Presiden Republik Indonesia