​Pada 28 Juli 2021, Duta Besar Indonesia untuk RRT, Djauhari Oratmangun menjadi salah satu pembicara dalam acara pembukaan “RCEP Members International Trade Digital Expo Opening Ceremony” yang diselenggarakan oleh China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) dan Zhejiang Meorient Commerce & Exhibition Inc. bekerja sama dengan ASEAN-China Center (ACC). 

Dubes Djauhari mengapresiasi Tiongkok sebagai negara pertama yang telah meratifikasi RCEP dan berharap agar RCEP memainkan peran penting dalam integrasi ekonomi dan perdagangan di kawasan. Juga menekankan peluang RCEP bagi promosi UKM dalam konteks perdagangan internasional.

Acara pembukaan diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri oleh lebih dari 300 peserta daring dari negara RCEP, berbagai kalangan pemerintah dan dunia usaha. Digital Expo ini akan berlangsung sampai 6 Agustus 2021 dan diharapkan diikuti oleh 2000 exhibitors dan 20 ribu pengunjung professional secara daring.

Acara dilanjutkan  dengan menyaksikan proses transaksi digital yang digagas oleh platform e-commerce Meorient untuk mempertemukan para importir dan eksportir Tiongkok dengan mitra usaha internasional termasuk Indonesia.  

(Sumber: KBRI Beijing)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri