Pada Selasa, 5 Oktober 2021, KBRI Bandar Seri Begawan mengadakan upacara dalam rangka Peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia. Upacara dilakukan secara hybrid dan dihadiri seluruh pejabat dan staf KBRI, serta perwakilan dari beberapa komunitas masyarakat Indonesia yang ada di Brunei Darussalam. Upacara juga disiarkan langsung melalui youtube.

Bertindak sebagai Pemimpin Upacara adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko. Meskipun dilaksanakan hybrid, seluruh rangkaian upacara berlangsung dengan tertib, lancar dan khidmat.

“Apresiasi kami kepada TNI yang mampu beradaptasi menghadapi Covid-19 dan berjuang bersama komponen masyarakat yang lain," demikian salah satu amanat Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara HUT Ke-76 TNI tanggal 5 Oktober 2021. “TNI telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan dan menghadapi tantangan yang berubah dari waktu ke waktu. Tantangan itu memiliki dimensi berbeda, kompleksitas yang semakin tinggi, dan dapat datang dari mana saja," tambahnya. 

Dalam amanatnya, disampaikan pula pesan mengenai kemampuan TNI menghadapi ancaman tradisional dan non-tradisional. “Dengan adanya peningkatan Alutsista yang dimiliki, TNI akan semakin mampu menghadapi ancaman terhadap keutuhan NKRI," tuturnya. “Saya yakin TNI akan semakin mampu menjaga perbatasan darat dan laut dan teritorial laut Indonesia. Sebagai negara kepulauan, kita wajib dan harus mampu menjaga territorial water kita karena disanalah kita memiliki kekayaan yang tak terhingga nilainya."

Sebagai penutup, Duta Besar RI menegaskan bahwa kontribusi TNI dalam menjaga perbatasan baik di darat maupun di laut sangat diharapkan. Duta Besar RI juga menyampaikan harapan agar TNI semakin berdedikasi dan semakin jaya dalam menghadapi ancaman yang ada.

Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI di KBRI Bandar Seri Begawan kali ini diselenggarakan secara hybrid di tengah situasi gelombang kedua Covid-19 di Brunei Darussalam. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana kegiatan peringatan HUT Ke-75 TNI diselenggarakan secara meriah. Pada tahun ini, selain Upacara dan Syukuran, Kantor Atase Pertahanan RI juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan pembagian sembako kepada WNI terdampak pandemi Covid-19 dan Webinar bertema "Menanamkan Jiwa Patriotisme dalam Keluarga sebagai Wujud Cinta Tanah Air dan Bangsa" tanggal 27 September 2021.​

(Sumber: KBRI Bandar Seri Begawan)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri