Komisi Antar-pemerintah untuk Hak Asasi Manusia ASEAN (AICHR) mengadakan pertemuan pertamanya di bawah kepemimpinan Singapura pada tanggal 24 sampai 26 Januari 2018. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Duta Besar Barry Desker, Perwakilan Singapura untuk AICHR.

Selama pertemuan tiga hari tersebut, AICHR memberi penjelasan singkat mengenai pelaksanaan Program / Kegiatan Prioritas AICHR. Pertemuan tersebut mengadopsi Studi Tematik AICHR tentang Perempuan dalam Bencana Alam yang dipimpin oleh AICHR Filipina.

Pada kerjasama lintas pilar lintas sektoral, pertemuan tersebut memperbaharui kemajuan pengembangan Masterplan on the Mainstreaming of the Rights of Persons with Disabilities in the ASEAN Community by 2025. Pertemuan tersebut juga mencatat laporan mengenai AICHR Cross-Sectoral Consultation on the Human Rights based Instruments related to the Implementation of ACTIP.

Pada hari kedua, para delegasi mengunjungi Enabling Village, sebuah komunitas terpadu di sebuah tempat yang dapat diakses, sebuah inisiatif dari Kementerian Sosial dan Keluarga Singapura dan SG Enable Ltd. Desa tersebut terdiri dari individu dan organisasi yang melayani - dan didukung oleh - orang dengan kemampuan yang beragam, antara lain, beberapa pebisnis sosial yang menyeimbangkan kesuksesan komersial dengan keharusan sosial untuk memastikan bahwa orang-orang penyandang disabilitas dapat memberikan kontribusi vital bagi masyarakat.

Pertemuan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Singapura atas keramahtamahan dan pengaturan pertemuan yang sangat baik. Pertemuan AICHR berikutnya akan berlangsung pada bulan Mei 2018 di Sekretariat ASEAN, Jakarta.