​Jakarta, 24 Agustus 2020 – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri BUMN, Erick Tohir akhiri kunjungan ke Tiongkok (19-20/08) dan Uni Emirat Arab (21-22/08). Kunjungan bertujuan untuk memastikan ketersediaan vaksin dan alat-alat Kesehatan untuk memperkuat upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 serta kerja sama di bidang investasi, perdagangan, energi dan pangan.

“Kami berdua diutus Presiden untuk menindaklanjuti beberapa kerja sama bilateral, termasuk kerja sama di bidang vaksin dan kerja sama ekonomi lainnya ke dua negara sekaligus, yaitu ke RRT dan UAE", ujar Menlu Retno.

Dalam kunjungan ke Tiongkok, kedua menteri telah bertemu dengan Menlu RRT Wangyi, mengunjungi perusahaan farmasi, yaitu Sinovac, Sinopharm, CanSino, serta China Railway.

Pada pertemuan bilateral dengan Menlu RRT, kedua pihak membahas komitmen kedua negara untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral berdasarkan asas saling menghormati dan saling menguntungkan, komitmen untuk terus menjaga stabilitas dan keamanan kawasan, serta komitmen untuk meningkatkan kerjasama di bidang vaksin.

“Indonesia menyampaikan mengenai pentingnya jumlah vaksin yang memadai, tepat waktu, aman, dan dengan harga yang terjangkau," ungkap Menlu Retno saat bertemu Menlu Wangyi.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI