JAKARTA – Pada tanggal 1 April 2020, ASEAN membuka pendaftaran nominasi untuk ASEAN Prize 2020. Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, menyampaikan “Di tengah tantangan yang tengah dihadapi dunia terkait COVID-19, kita melihat rasa kemanusiaan terbaik ditunjukkan melalui pengorbanan dari tenaga medis dan kesehatan di garda terdepan, dan para pegawai yang mempertaruhkan hidupnya demi tetap beroperasinya layanan publik. Tindakan mereka menyadarkan kita bahwa terdapat banyak pahlawan di luar sana yang dapat kita apresiasi.” Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal ASEAN menekankan “ASEAN Prize adalah salah satu cara ASEAN memberikan penghormatan terhadap kontribusi luar biasa mereka kepada masyarakat.”

Dimulai sejak tahun 2018, penghargaan regional tahunan ini memberikan penghormatan kepada warga negara atau oganisasi yang berbasis di negara Anggota ASEAN dengan prestasi dan kontribusi luar biasa, yaitu antara lain dalam memperkuat kolaborasi antara negara anggota ASEAN dan/atau dengan dunia melalui konektivitas people-to-people, serta kerja sama sosial dan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat di ASEAN.

Nominasi yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri yang diketuai oleh Sekretaris Jenderal ASEAN dan para mantan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Pemenang ASEAN Prize 2020 akan diundang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-37 di Hanoi, Vietnam untuk menerima ASEAN Prize Trophy dan hadiah uang tunai sebesar US$20.000, yang disponsori oleh Temasek Foundation (Singapura) dan Yayasan Hasanah (Malaysia).

Tahun ini merupakan tahun ketiga ASEAN Prize. Pada tahun 2018, Erlinda Koe, pemimpin komunitas yang berdedikasi dari Filipina, memperoleh penghargaan ini atas upayanya dalam membangun Masyarakat ASEAN yang inklusif dengan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai autisme dan upayanya dalam mendukung keluarga yang membutuhkan di kawasan. Pada tahun 2019, ASEAN Prize diberikan kepada Dr. Jemilah Mahmood, pemimpin kemanusiaan dari Malaysia atas kontribusinya dalam mendukung respon kemanusiaan di ASEAN.

Nominasi dan Persyaratan ASEAN Prize 2020

  • Nominasi dibuka pada 1 April 2020.
  • Nominasi merupakan warga negara anggota ASEAN atau organisasi yang berbasis di ASEAN.
  • Nominasi harus menyertakan dokumen valid/yang dapat diverifikasi terkait prestasi/kontribusi yang telah dilakukan dan berpengaruh terhadap ASEAN sejak peresmian Masyarakat ASEAN pada 31 Desember 2015.
  • Nominasi juga menyertakan rencana yang akan dilakukan apabila memenangkan ASEAN Prize 2020.
  • Nominasi dan persyaratannya dikirimkan kepada Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya, Kementerian Luar Negeri RI (email: direktoratkfa@gmail.com) paling lambat pada tanggal 13 Juli 2020 pukul 17.00 WIB. Formulir nominasi dapat diunduh di https//asean.org/asean-prize/ ***(Direktorat KSBA Kemlu)