Kemajuan implementasi Cetak Biru Pilar Politik dan Keamanan ASEAN menjadi salah satu pembahasan utama ASEAN Preparatory Senior Officials Meeting dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-30. Beberapa usulan percepatan implementasi diangkat oleh Pejabat Senior ASEAN, antara lain, penguatan Sekretariat ASEAN, pemberdayaan badan sektoral sebagai focal point, dan penguatan sistem pengawasan dan evaluasi implementasi berbagai kesepakatan ASEAN.

 

Pertemuan juga membahas isu-isu regional dan global yang dapat berpengaruh terhadap perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan. Pertemuan sepakat untuk terus menjaga peran ASEAN dalam mencegah konflik yang dapat merugikan ASEAN dan dunia.

 

Pertemuan menyambut baik kemajuan pembahasan COC framework upaya mengoperasionalisasikan Hotline Communication antar Pejabat Senior Kementerian Luar Negeri ASEAN – RRT.

 

Disamping itu, pertemuan juga membahas penyelesaian instrumen perlindungan hak pekerja migran. Pada pembahasan instrumen ini, Indonesia terus mendorong penyelesaian instrumen dimaksud sesegera mungkin.

 

Filipina dan Indonesia juga telah sepakat untuk menjadi Ketua bersama pelaksanaan 7th ASEAN Maritime Forum/5th Expanded ASEAN Maritime Forum, yang mencakup mitra wicara ASEAN, di Jakarta, 7-8 Desember 2017. Pelaksanaan 7th AMF/5th EAMF tahun ini di Sekretariat ASEAN merupakan usulan Indonesia untuk menghindari kembali tertundanya Forum ini karena belum adanya negara anggota ASEAN yang bersedia mejadi tuan rumah.

 

Di hubungan external, ASEAN membahas penguatan hubungan eksternal ASEAN dengan mendiskusikan proposal beberapa negara yang ingin melakukan aksesi terhadap TAC atau menjadi mitra ASEAN. Pertemuan juga membahas persiapan pertemuan khusus Menteri Luar Negeri ASEAN dengan Amerika Serikat di Washington DC, 4 April 2017.


Rangkaian Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-30 ASEAN di Manila telah dimulai dengan pelaksanaan Committee of Permanent Representatives (26/4/2017) dan Senior Officials Meeting (27/4/2017) di Philippines International Convention Center (PICC), Manila (27/4/2017). Pembahasan dalam Pertemuan Pejabat Senior ASEAN merupakan bagian langkah persiapan pelaksanaan KTT ke-30 ASEAN. (Dit. Polkam ASEAN / Infomed)