Bangkok, Thailand – PTM ASEAN- Amerika Serikat telah diselenggarakan di Bangkok tanggal 1 Agustus 2019. Ini merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN yang diselenggarakan pada 30 Juli - 2 Agustus 2019. (1/8)

Dalam pertemuan ASEAN-AS ini, Menlu Retno menekankan tiga hal:

Pertama, Indonesia mengapresiasi kehadiran Menlu Pompeo dalam pertemuan. Hal ini menunjukkan komitmen Amerika Serikat dalam memperkuat kerja sama dengan ASEAN.

Kedua, Menlu Retno menyampaikan bahwa dunia dipenuhi dengan ketidakpastian dan lebih banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Untuk mengatasi situasi tersebut, Indonesia berpendapat bahwa tidak ada cara lain bagi kita, bagi ASEAN dan Amerika Serikat untuk meningkatkan kerjasama untuk menjadikan dunia menjadi lebih baik bagi semua.

ASEAN Outlook mengenai Indo-Pacific akan menjadi pemandu dan alat bagi ASEAN untuk berkontribusi menciptakan perdamaian kawasan dan dunia. 

Ketiga, Menlu Retno menyampaikan mengenai isu Palestina. “isu Palestina sangat dekat di hati masyarakat Indonesia", kata Menlu Retno. Dengan kapasitas yang dimiliki Amerika Serikat, diharapkan Amerika Serikat dapat membantu Palestina dalam mewujudkan perdamaian yang adil dan mewujudkan impian bangsa Palestina untuk merdeka, berdasar penyelesaian dua negara. 

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI