Phnom Penh, Kamboja - Salah satu manfaat terjalinnya suatu kemitraan dan kerjasama universitas adalah universitas dapat memberikan peluang bagi mahasiswa maupun pengajar. Selain itu, seiring dengan peluang penelitian dan juga kesadaran budaya, institusi universitas juga dapat menawarkan pengalaman internasional, termasuk program studi di luar negeri dan pertukaran pengajar, serta tentunya banyak lagi peluang kemungkinan pengembangan kerjasama lainnya.

Beberapa universitas di Indonesia, antara lain dari Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Pertamina, Unversitas Negeri Surabaya (Unesa), berminat melakukan kerjasama dengan universitas-universitas di Kamboja, misalnya dengan Royal University of Phnom Penh, Norton University, the University of Cambodia dan universitas lainnya di Kamboja.

KBRI Phnom Penh menjajaki potensi kerja sama dengan Norton University dan University of Cambodia melalui pertemuan dengan masing-masing universitas (5-6/01/2022). KBRI Phnom Penh bertemu dengan Prof. Chan Sok Khieng yang merupakan Rektor Norton University, dan Dr. Kao Kim Hourn, Presiden University of Cambodia pada kesempatan tersebut.

Baik Prof. Chan Sok Khieng maupun Dr. Kao Kim Hourn menyambut baik kunjungan ini, dan menurutnya kesempatan ini merupakan momen penting untuk memperkuat hubungan kerjasama pendidikan selanjutnya. Sebagai tambahan informasi, kedua universitas sudah menjalin kerjasama lebih dulu dengan President University, Universitas Tarumanegara, Universitas Gorontalo, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

(Sumber: KBRI Phnom Penh)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri