Phnom Penh, Kamboja - “Ada pepatah mengenai Bandung, ibu kota tanah Sunda diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam sambutan pembuka pada Familiarization Trip (Famtrip) bertema “Exploring the Land of Sunda" yang diselenggarakan KBRI Phnom Penh secara hybrid (27/11/2021). Para pengunjung akan merasakan dan menikmati sensasi dan pengalaman di Tanah Sunda meskipun secara fisik masih berada di Kamboja.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Barat, dan memperkuat hubungan people-to-people kedua negara. Selain itu, pada saat yang sama juga diselenggarakan bazar mini yang memuat produk-produk asal Indonesia. Selain dihadiri oleh State Secretary dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Informasi, para Jenderal dari instansi militer di Kamboja, dan Presiden Asosiasi Travel Kamboja (CATA), serta perwakilan Kementerian Informasi, acara juga dihadiri oleh para media, influencer, dan pelajar dari beberapa universitas di Kamboja.

Para pengunjung diajak melakukan perjalanan virtual ke Museum Konferensi Asia Afrika yang memiliki Pojok Sihanouk. Pojok Sihanouk berisi foto saat PM Ali Sastroamidjojo menyambut kedatangan Pangeran Norodom Sihanouk sebagai Ketua Delegasi Kamboja ke Konferensi Asia Afrika dan kursi tempat mereka duduk. Para pejabat Kamboja dan pengunjung yang hadir sangat terkesan saat pemandu Museum menampilkan terjemahan Dasa Sila Bandung dalam Bahasa Khmer.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI