Menlu Singapura Vivian Balakrishnan dalam pembukaan menyebut Banyuwangi sebagai kota yang mengembangkan kota cerdas sesuai dengan kebutuhan penduduknya, yakni dengan program smart kampong

(kampung cerdas)

Delegasi RI dalam pertemuan Inaugural ASEAN Smart City Network (ASCN) di Singapura 8-10 Juli 2018, menyampaikan 3 kota di Indonesia: Jakarta, Makassar dan Banyuwangi masuk dalam ASCN. Sebagai tindak lanjutnya, ketiga kota tersebut akan mempertajam rencana aksi terkait proyek-proyek yang telah diajukan dan mengidentifikasi pihak-pihak swasta yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi solution provider (SP) di kawasan.

Dalam pertemuan antar kementerian di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta 12 Juli 2018, beberapa kementerian mengusulkan konsep pengembangan kota cerdas, antara lain Kementerian Perdagangan menyampaikan konsep pasar modern dapat menjadi salah satu aspek pengembangan kota cerdas. Sedangkan Badan Standarisasi Nasional akan menyusun standar nasional pengembangan kota cerdas dengan menggunakan ISO.