Bucharest, Rumania - Pada tanggal 16 Juni 2021, Kedubes Vietnam di Rumania mengundang  Duta Besar negara-negara ASEAN yang berkedudukan di Bucharest Rumania  antara lain Malaysia,  Thailand dan Indonesia, untuk melakukan pertemuan Bucharest ASEAN Committee (BAC).  Tujuan pertemuan tersebut adalah penyerahaan keketuaan BAC dari Vietnam ke Indonesia untuk periode Juli-Desember 2021. ​Hadir pada kesempatan tersebut Bapak Bambang Prihartadi selaku Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KBRI Bucharest.

​Dalam sambutannya Dubes Vietnam menyampaikan bahwa BAC merupakan sarana untuk mempromosikan dan meningkatkan kerjasama negara-negara ASEAN dengan Rumania. Pada kesempatan tersebut, Keppri Indonesia menyampaikan apresiasi atas upaya Vietnam dalam mempromosikan ASEAN di Rumania dan Indonesia berkomitmen akan melanjutkan upaya Vietnam dimaksud.

Setelah penyerahan keketuaan BAC dari Vietnam kepada Indonesia, acara dilanjutkan dengan pertemuan BAC dengan Secretary of State Kementerian Ekonomi, Wirausaha, dan Pariwisata, Secretary of State Kementerian Keuangan, Secretary of State Kementerian Energi  dan beberapa pengusaha Rumania.     

Fokus pembicaraan pada pertemuan tersebut antara lain :

  • Perlunya untuk meningkatkan kerja sama dan saling tukar informasi peluang Trade, Tourism dan Investment (TTI) antara negara-negara ASEAN dengan Rumania.
  • Para pengusaha yang hadir menyampaikan bahwa informasi peluang untuk meningkatkan TTI diharapkan tidak hanya disampaikan di Bucharest tetapi di daerah-daerah lainnya di luar Bucharest.