Singapura - Dukungan 12.505 Oxygen Concentrators (OC) dan 6000 nasal cannulas untuk membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia merupakan bukti kuat dari rasa kemanusiaan yang tinggi, solidaritas, dan hubungan dekat antara Indonesia dan Singapura. Hal tersebut ditekankan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo serta perwakilan dari perusahaan Indonesia dan Singapura yang menghadiri acara handover ceremony pemberian bantuan yang diselenggarakan di KBRI Singapura (12/08/2021).

Penyerahan bantuan juga dihadiri secara daring oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Cecep Herawan; Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Dr. Eka Jusup Singka; serta Konjen RI untuk Shanghai, Deny Kurnia. Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kemlu RI menyampaikan bahwa kolaborasi dan kerja sama berbagai pihak adalah kunci penting bagi kita semua untuk dapat keluar dari pandemi. “Untuk flatten the curve, bukan cuma diperlukan peran negara, tetapi juga peran pelaku bisnis, akademia, tokoh komunitas, dan juga media," ujar Cecep. Ditekankan pula bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan kedekatan dan kerja sama antara Indonesia dan Singapura, sejalan dengan semangat di bulan Agustus, bulan perayaan kemerdekaan bagi Indonesia dan juga Singapura.

Sementara itu, Dr. Eka Jusup Singka menyampaikan bahwa sebagian besar bantuan yang telah tiba di Indonesia sudah disalurkan, sedangkan penyaluran bantuan ke depannya akan fokus pada daerah di luar Jawa dan Bali yang saat ini dilaporkan mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan. Diharapkan donasi yang diberikan dapat membantu Indonesia untuk lepas dari krisis pandemi Covid-19 saat ini.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh perwakilan dari masing-masing perusahaan Indonesia dan Singapura yang memberikan bantuan. Ms. Fifi Setiawaty, Chairperson Bakti Barito Foundation menyampaikan bahwa kerja sama ini tidak hanya menunjukkan solidaritas perusahaan sebagai pelaku bisnis namun juga menunjukkan hubungan kuat people to people. Jimmy Ng, Group Chief Information and Head of Technology & Operations DBS Bank menekankan pentingnya kerja sama pada situasi krisis pandemi saat ini. “Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri namun jika ingin berjalan jauh, maka harus berjalan bersama-sama," ujar Jimmy.

Adapun perusahaan yang terlibat dalam pemberian bantuan ini yaitu Bakti Barito Foundation, DBS Bank, PT Cikarang Listrindo, PT Dharma Satya Nusantara, East Ventures, Indies Capital Partners Pte Ltd, PT. Kino Indonesia tbk, Sinarmas, Tanoto Foundation, PT TBS Energi Utama Tbk, Triputra Group, UID Foundation, Wahanan Artha, CapitaLand Hope Foundation, COMO Foundation, GrabTaxi Holdings Pte Ltd, Hotel Properties, Singtel, dan Temasek Foundation.

(Sumber: KBRI Singapura)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri