Jakarta: Duta Besar Rezlan Ishar Jenie telah resmi bertugas sebagai Direktur Eksekutif ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (AIPR). Peresmian pelaksanaan tugas dilakukan melalui prosesi penandatanganan kontrak kerja antara Wakil Tetap Republik Filipina untuk ASEAN Duta Besar Elizabeth P. Buensuceso yang bertindak selaku Chair of the AIPR Governing Council dengan Duta Besar Rezlan Jenie, di ASEAN Gallery, Sekretariat ASEAN (17/10).

Acara prosesi penandatanganan kontrak kerja dihadiri oleh para anggota Committee of Permanent Representatives of ASEAN (CPR), wakil dari Sekretariat ASEAN dan anggota Governing Council, dimana Duta Besar Artauli Tobing duduk selaku wakil dari Indonesia dan anggota Advisory Board AIPR, dimana dari Indonesia diwakili oleh Duta Besar Chilman Arisman.

Duta Besar Rezlan Ishar Jenie yang sebelumnya pernah bertugas selaku Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Perancis merupakan direktur eksekutif yang pertama dari AIPR dan akan melaksanakan mandat penugasan selama 3 tahun.

AIPR yang berkantor di Jakarta, merupakan lembaga entitas ASEAN yang dibentuk untuk mempromosikan perdamaian, manajemen konflik dan resolusi konflik. Pembentukan AIPR merupakan hasil tindak lanjut dari ASEAN Leaders' Joint Statement on the Establishment of an ASEAN Institute for Peace and Reconciliation yang diadopsi pada tanggal 8 Mei 2011 di Jakarta. (Sumber: PTRI ASEAN)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri RI