Kyiv, Ukraina - Pada tanggal 19 Oktober 2021, Center for ASEAN Countries Studies resmi berdiri di Institute of International Relations, Universitas Taras Shevchenko, Kyiv, Ukraina. Berdirinya lembaga ini merupakan hasil kolaborasi. koordinasi dan kerjasama erat antara Kedutaan Besar negara-negara ASEAN dengan Kementerian Luar Negeri Ukraina dan Universitas Taras Shevchenko yang merupakan universitas terbaik di Ukraina.

Acara pembukaan Center tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, dan dihadiri oleh Rektor Universitas Taras Shevchenko, Prof. Volodymyr Bugrov, Duta Besar RI untuk Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, Dubes Vietnam, Nguyen Hong Thach, Chargè D'Affaires Kedubes Malaysia, Fadhilah Daud dan Direktur Institute of International Relations,  Prof. Valerii Kopiika. 

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba dalam keynote address-nya menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi kerja keras antara Kemenlu Ukraina, Universitas Taras Shevchenko serta seluruh Kedutaan Besar negara ASEAN di Ukraina. Center ini merupakan wujud nyata peningkatan kepentingan Ukraina di Asia Tenggara. Ukraina akan mempelajari kesuksesan komunitas ASEAN dalam melakukan integrasi politik, sosial, kemanan, ekonomi dan sosio-kultural dari negara-negara yang memiliki banyak perbedaan.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI Kyiv menyampaikan bahwa Center yang baru diresmikan ini dapat menjadi tempat dimana peneliti, pengamat dan para mahasiswa/pelajar berkumpul untuk saling bertukar informasi dan juga memberikan pandangan ahli kepada pemerintah mengenai kebijakan yang harus diambil sekaligus memprediksi dampak dari kebijakan tertentu. Lebih lanjut Dubes RI menyatakan keberadaan Center ini dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan peningkatan volume perdagangan Ukraina - ASEAN hingga USD 5 miliar sebagaimana disampaikan oleh Menlu Kuleba di awal masa jabatannya. Dalam tahap awal, dapat difokuskan diskusi dalam menciptakan global hub untuk produksi dan meningkatkan kelancaran arus transportasi barang dan jasa yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Keberadaan Center for ASEAN Countries Studies dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan negara-negara ASEAN dan berbagai potensi yang dimilikinya kepada publik Ukraina, khususnya potensi ekonomi dan sosial budaya. Selain itu, lembaga ini dapat berperan sebagai wahana memperkaya wawasan masyarakat Ukraina mengenai organisasi ASEAN dan perannya di tingkat kawasan dan dunia. Berdirinya lembaga ini diharapkan dapat menjembatani kerjasama yang lebih erat antara negara-negara ASEAN dengan Ukraina di berbagai bidang. ​

(Sumber: KBRI Kyiv)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri