Bangkok, Thailand - “Indonesia dan Thailand harus terus memperkuat kerja sama budaya terutama mengingat budaya terbukti menjadi media terbaik dalam meningkatkan people-to-people contact yang selama ini telah berjalan sejak sebelum Indonesia merdeka bahkan jauh ke masa kerajaan Sriwijaya dan kerajaan lama yang ada di Thailand. Sampai saat ini media budaya menjadi jembatan yang menumbuhkan saling pengertian antara kedua bangsa," ujar Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman pada saat bertemu dengan Menteri Kebudayaan Thailand, H.E. Mr. Itthipol Kunplome, di Kantor Menteri Kebudayaan di Bangkok (06/10/2021).

Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana penuh kehangatan dan persahabatan, Duta Besar Rachmat Budiman dan Menteri Itthipol membahas berbagai kerja sama kebudayaan yang telah berlangsung dengan baik selama ini dan juga membahas mengenai peluang yang perlu dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama melalui prakarsa baru dengan memanfaatkan kreatifitas yang berkembang di masing-masing negara.

Menteri Itthipol juga menyampaikan bahwa kedua negara memiliki banyak modalitas dan potensi yang dapat terus dieksplorasi untuk lebih mendekatkan persahabatan dan kerja sama antar kedua negara. Kemiripan berbagai aspek kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Thailand menjadi modal yang sangat baik bagi kerja sama di bidang kebudayaan. Kolaborasi antara Indonesia dan Thailand yang telah berlangsung selama ini, termasuk kolaborasi pertunjukan sendratari Ramayana Two Nations One Dance yang dilaksanakan pada bulan September 2020 yang berlangsung sukses, merupakan salah satu simbol eratnya persahabatan antar kedua bangsa.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri