Yangon, Myanmar: ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar. Direktur Eksekutif AHA Centre, Adelina Kamal menyerahkan bantuan AHA Centre kepada Menteri Kesejahteraan Sosial, Bantuan dan Pemukiman Myanmar, Dr. Win Myat Aye pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 pukul 11.00 waktu Myanmar di kantor Relief and Resettlement Department (RRD), Yangon, Myanmar.

Acara tersebut turut dihadiri oleh para Duta Besar negara anggota ASEAN atau pejabat yang mewakili. Dalam sambutannya, Menteri Kesejahteraan Sosial, Bantuan dan Pemukiman Myanmar menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas penyampaian bantuan dari AHA Centre, bantuan tersebut merupakan refleksi dari persahabatan dan perhatian negara-negara ASEAN terhadap setiap anggotanya.

Bantuan yang dikirim mencakup tenda untuk keluarga, peralatan untuk keluarga, perlengkapan kebersihan pribadi, peralatan dapur, generator listrik, peralatan listrik, perahu aluminium bermesin dilengkapi peralatan pendukung, dan peralatan pencahayaan dengan dilengkapi generator.

Penyaluran bantuan AHA Centre merupakan tindak lanjut dari upaya Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi agar  ASEAN dapat dilibatkan dalam bantuan kemanusiaan.

Sebelum bantuan AHA Centre, bantuan nasional Indonesia telah tiba dan disalurkan, baik di Rakhine State maupun di Bangladesh. 

Sumber: Kementerian Luar Negeri RI