JAKARTA- Pertemuan pertama Working Group on Culture of Prevention (WG on CoP) telah diselenggarakan pada tanggal 17 September 2018 di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Pertemuan dihadiri oleh Senior Officials Meeting for the ASEAN Socio-Cultural Community (SOCA), perwakilan Badan-Badan Sektoral ASEAN di bawah Pilar Sosial Budaya ASEAN dan Sekretariat ASEAN.

WG on CoP merupakan mandat dari hasil pertemuan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC) Council Retreat on the Culture of Prevention (CoP) bulan Maret 2018 dan the 13th Coordinating Conference on the ASEAN Socio-Cultural Community (SOC-COM) bulan Mei 2018. Pertemuan membahas Terms of Reference (ToR) WG on CoP. WG on CoP disepakati untuk dilaksanakan dua kali dalam setahun dan bertempat di negara ASEAN yang sedang menjabat sebagai Ketua ASEAN.

WG on CoP merupakan platform pendorong implementasi dari the ASEAN Declaration on Culture of Prevention (CoP) for a Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society yang diadopsi oleh para leaders ASEAN pada KTT ke-31 bulan November 2017.

Deklarasi CoP bertujuan untuk memobilisasi langkah-langkah preventif dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial di ASEAN, seperti kemiskinan, intoleransi, radikalisme, korupsi, dan lain-lain. [Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]