Buenos Aires, Argentina:​ Kepala Perwakilan Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam menandatangani Memorandum of Intent of the Ambassadors/Head of Missions of ASEAN Members States in Republic of Argentina on the Establishment of the ASEAN Committee in Buenos Aires yang menandai terbentuknya ASEAN Committee in Buenos Aires (ACBA) (26/4).

Pembentukan ASEAN Committee didasari keinginan kuat dari Perwakilan Negara ASEAN di Buenos Aires untuk meningkatkan promosi dan awareness terhadap ASEAN dan visi Komunitas ASEAN 2025 di negara akreditasi. Selain itu, dengan adanya  ASEAN Committee peran ASEAN di negara akreditasi diharapkan akan semakin meningkat.

“Harapannya dengan adanya ACBA, ASEAN dapat menjadi kemudi utama bagi seluruh kegiatan para perwakilan Negara Anggota ASEAN di Argentina, terlebih bagi kegiatan promosi dan people-to-peoplecontact", ujar Dubes RI Niniek Kun Naryatie. Hal ini juga diharapkan mampu meningkatkan solidaritas di antara kita, sambungnya. 

Pembentukan ACBA memiliki tujuan khusus untuk penguatan kerjasama antara Argentina dan negara-negara ASEAN. Argentina sendiri tengah meningkatkan kerjasama dengan ASEAN dan hal tersebut ditunjukan dengan aksesi Argentina pada Treaty of Amity and Cooperation ASEAN.

Lebih jauh, terdapat keinginan kuat negara di kawasan Amerika Latin (MERCOSUR) untuk bekerjasama lebih erat dengan ASEAN, hal ini terlihat dari diselenggarakannya pertemuan para Menteri Luar Negeri negara MERCOSUR dan ASEAN di sela-sela Sidang Umum PBB, September 2017 lalu.

Peresmian ACBA melengkapi ASEAN Committee yang telah ada di wilayah Amerika Selatan yaitu: Brasil, Chile, Peru, Mexico, dan Venezuela. (Sumber: KBRI Buenos Aires)