Jakarta, 27 Agustus 2020 – ASEAN maupun Indonesia berpotensi mengembangkan kerja sama ekonomi dan perdagangan yang saling menguntungkan dengan Inggris. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto usai mengikuti Pertemuan “AEM Troika Open-ended Dialogue with UK Trade Ministers” secara virtual pada Rabu (26/8).

Pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) yang berlangsung pada 22—29 Agustus 2020. Mendag Agus mengungkapkan, ASEAN menyambut baik proposal Inggris untuk menjadi Mitra Dialog ASEAN dan membahas potensi kerja sama ekonomi ASEAN-Inggris terkait Sustainable and Resilient Recovery and Growth dan Digital Innovation on Supporting MSMEs. Selain itu, ASEAN membahas berbagai isu perkembangan global dan regional terkait Covid-19, Brexit, dan penyederhanaan tarif Inggris berdasarkan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

“Saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa ekonomi Indonesia dan Inggris akan saling melengkapi, begitu pula antara ASEAN dan Inggris,” ujar Mendag Agus. Mendag Agus menjelaskan, hal ini tergambarkan dari total perdagangan bilateral Indonesia dengan Inggris yang mencapai USD 2,4 miliar. Nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar USD 1,3 miliar dan impor USD 1 miliar, sehingga Indonesia surplus USD 300 juta.

Selengkapnya: Kementerian Perdagangan RI