Indonesia berkomitmen untuk terus memberi perhatian pada pengembangan potensi UMKM asli Indonesia yang jumlahnya banyak dan tersebar di seluruh penjuru negeri. Keberadaan UMKM menjadi salah satu nadi penting bagi perekonomian ASEAN dan Indonesia. Perputarannya memberi manfaat besar bagi orang-orang di komunitas ASEAN.

Di ASEAN, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Secara total, UMKM ASEAN menyerap antara 35%-97% tenaga kerja di ASEAN. UMKM ASEAN juga memberikan kontribusi sekitar 35%-69% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ASEAN. 

Namun, UMKM di kawasan ASEAN masih dihadapkan pada sejumlah tantangan. Mulai dari permodalan, akses distribusi produk hingga infrastruktur digital yang mulai mengambil bagian signifikan dalam hidup para pelakunya.

Sebagai salah satu pengampu jalur keuangan di Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Kementerian Keuangan bekerjasama dengan berbagai pihak memformulasikan inisiatif untuk secara berkesinambungan menjawab berbagai macam tantangan yang ada. Salah satu bentuk inisiatif ini adalah mengadakan workshop untuk mempromosikan literasi finansial bagi pelaku UMKM di kawasan ASEAN yang juga merupakan bagian dari rangkaian ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors (AFMGM) 2023. Workshop ini memberikan kesempatan pelaku UMKM menyampaikan pertanyaan seputar praktek keuangan digital yang dapat diaplikasikan dalam keseharian.

Salah satu program literasi finansial yang di highlight dalam workshop ini adalah program Ibu Berbagi Bijak – program literasi keuangan yang digagas oleh PT Visa Worldwide Indonesia untuk menjangkau pelaku UMKM perempuan sebagai tulang punggung perekonomian di Bali. Representatif LittlePaoBali, Renny, telah menjadi bagian dari program ini dan menurutnya, program ini sungguh membantunya untuk lebih melek finansial dan membuka kesempatan untuk networking. 

Apakah kamu pelaku UMKM? Kamu dapat menyaksikan kembali sesi “Workshop on Promoting Digital Financial Inclusion & Literacy for MSMEs” di https://www.youtube.com/watch?v=NSlb9p9-6eU&t=2s&ab_channel=KemenkeuRI. Jangan lupa ambil manfaatnya untuk bisa diaplikasikan dalam keseharian praktek keuangan digital kita bersama.

Sumber: Kementerian Keuangan Republik Indonesia