Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia pada 17 Agustus 2021 kemarin meluncurkan Standard Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan peluncuran pra resmi QRIS Antarnegara. Khusus untuk QRIS, melakukan piloting dan telah diumumkan sudah bekerja sama dengan Bank of Thailand.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta mengatakan QRIS dapat digunakan untuk melakukan transaksi di luar negeri. Penggunaan QRIS ini juga jauh lebih murah dibandingkan menggunakan layanan pembayaran di luar negeri.

"Dengan QRIS antar negara ini biayanya pasti lebih murah daripada ambil uang tunai di ATM di luar negeri. QRIS ini enggak usah mikir, kalau mau berangkat saja asal diisi saldonya," jelas Filianingsih, dalam Taklimat Media Peraturan Bank Indonesia secara online, Senin (23/8/2021).

Untuk saat ini, QRIS antarnegara masih melakukan piloting di Thailand dengan menggandeng 11 PJP seperti Link Aja, Shopeepay, Dana, Bank Mega, dan Bank Mandiri. Selain itu ada bank settlement di Indonesia adalah BCA, BNI, dan BRI, sementara Thailand dengan Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, dan CIMB Thai.

Selengkapnya CNBC Indonesia