Jakarta - Kapal perang terbaru Thailand baru saja dirilis dari galangan kapal Hudong Zhonghua Shipbuilding, Shanghai, China. Kapal perang berjenis LPD (Landing Platform Dock) itu memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan lebih besar dari kapal LPD Indonesia, KRI Makassar.

Dikutip dari situs Naval News, Thailand menandatangani kontrak dengan China untuk pengadaan kapal Landing Platform Dock tipe 071E pada 9 September 2019 lalu. Kapal perang jenis angkut ini berharga sekitar 200 juta USD atau setara Rp 2,85 triliun. Setelah dua tahun pembangunan, kapal ini pun dirilis.

Sebagai informasi, Angkatan Laut China (PLAN) saat ini memiliki enam kapal kelas 071 yang ditugaskan di armadanya, dengan dua lagi dalam perjalanan. Semua kapal itu dibangun di galangan kapal Hudong Zhonghua yang sama. Thailand menjadi pelanggan ekspor pertama dari kapal jenis tersebut.

Menilik sejarahnya, awalnya kapal tipe 071 ini dikembangkan setelah terjadinya krisis Selat Taiwan pada 1996. Kapal tipe 071 punya panjang 210 meter dan lebar 28 meter, dengan bobot mencapai 20.000 ton. Kapal ini mampu membawa 800 marinir (1 batalion) dan sekitar 20 kendaraan amfibi.

Selengkapnya Detik.com