INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Profesi Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ASEAN memberikan gelar Insinyur Profesional Utama (IPU) atau (Distinguished Honorary Fellow) kepada Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. 

Penyematan dilakukan oleh Majelis Penilai Badan Kejuruan Teknik-Industri Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII). Menteri ESDM berharap, dengan pemberian gelar ini akan dapat memacu untuk dapat berbuat lebih besar lagi untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang tinggi atas perhatian yang diberikan PII, ini merupakan suatu kehormatan buat saya dan saya berharap pemberian penghargaan juga ini bisa mendorong orang orang lain untuk menekuni profesinya masing-masing," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif usai menerima penghargaan, Senin (28/12/2020).

Sumber daya manusia (SDM), menurut Arifin, sesuatu yang penting, karena SDM yang mumpuni itu banyak membantu pekerjaan dan ini harus menjadi suatu pemikiran dari PII bagaimana bisa mendorong kader baru untuk bisa menghasilkan suatu pengembangan penelitian yang menghasilkan output yang bermanfaat.

"Kita akan terus mendorong pengembangan sumber daya manusia kita. Kita akan mendorong para sarjana-sarjana kita untuk bisa mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang S2 atau S3 kita akan dorong ini," lanjut Arifin.