detikTravel Community - 

Selain jejak manusia pada zaman perunggu ditemukan di Udon Thani, Thailand, ada jejak lain yang ditemukan, yaitu jejak dinosaurus, lokasinya di provinsi Kalasin, 600 km dari Bangkok. Tidak ada penerbangan langsung dari Bangkok ke Kalasin. Penerbangan dari Bangkok hanya ada ke Khon Kaen karena merupakan provinsi terdekat dari Kalasin.

Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Kalasin. Di perjalanan kali ini, saya pergi ke Kalasin dari provinsi Khon Kaen. Ditempuh 2 jam perjalanan menggunakan mobil. Sama dengan provinsi Udon Thani, provinsi Kalasin juga termasuk wilayah Isan (timur laut Thailand). Alternatif lain menuju Kalasin yaitu menggunakan bis dari Khon Kaen atau Bangkok.

Menurut catatan pemerintah setempat, fosil dinosaurus di Kalasin ditemukan oleh biksu candi Sakkawan pada tahun 1994. Lokasi penemuan fosilnya terdapat di bukit Phu Kum Khao. Setelah penemuan tersebut, penggalian masif dilakukan oleh pemerintah Thailand hingga menemukan 700 fosil.

Kebanyakan fosil tersebut adalah dinosaurus pemakan tumbuhan. Namun, terdapat 3 jenis dinosaurus yang hanya ditemukan di Thailand yaitu Phuwiangosaurus sirindhornae, Siamosaurus suteethorni, dan Siamotyrannus isanensis.

Selengkapnya Detik.com