KOMPAS.com -  ASEAN Foundation dan Maybank Foundation mengumumkan hampir 100 pemuda program "eMpowering Youths Across ASEAN" telah memulai misi mereka membuat perubahan di 10 area komunitas di Kamboja, Indonesia dan Malaysia. Para agen perubahan ini diberangkatkan secara serentak ke 3 negara tersebut pada 16 Februari 2019.

"Program eMpowering Youths Across ASEAN adalah program kemitraan antara Maybank Foundation and ASEAN Foundation yang mencakup pembimbingan, pelatihan kepemimpinan tingkat regional, dan pelaksanaan proyek penguatan masyarakat di berbagai negara ASEAN," jelas Anthoni Octaviano, Communication Manager ASEAN Foundation kepada Kompas.com (24/2/2019).

Program ini menargetkan agar proyek-proyek berbasis masyarakat yang dicetuskan anak muda ASEAN dapat bertransformasi dalam beberapa tahun ke depan menjadi social enterprise terdepan di Asia Tenggara.  

Menyalurkan energi positif  Program ini kini berada dalam tahap genting karena para anak muda ditantang memanfaatkan pelatihan manajemen proyek dan pemberdayaan masyarakat yang mereka terima dalam lokakarya beberapa waktu lalu di Bangkok untuk menyukseskan pelaksanaan komunitas proyek melalui kolaborasi dengan organisasi masyarakat sipil setempat.