TEMPO.COBatam - Presiden Joko Widodo menyetujui rencana pembukaan pintu wisata antara Kepulauan Riau dan Singapura lewat skema travel bubble. Wacana ini sudah muncul beberapa bulan belakangan namun belum terealisasi secara maksimal. 

Setelah berbagai persiapan dilakukan dibawah koordinasi Kementerian Perekonomian dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama setahun dan mengalami beberapa kali penundaan, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa Presiden Jokowi telah setuju untuk memulai penerapan travel bubble Batam Bintan-Singapura (BB-S) dalam waktu dekat. 

"Bapak Presiden telah menyetujui untuk mulai penerapan travel bubble BB-S, sebagai prototipe untuk memulai pembukaan ekonomi khususnya pariwisata secara terkontrol dan terbatas" ujar Airlangga saat memimpin rapat koordinasi virtual, Rabu, 19 Januari 2022.

Bahkan, menurut Airlangga, untuk memenuhi tujuan tersebut, skema travel bubble BB-S perlu segera dimulai. Apabila memungkinkan, skema itu bisa dilaksanakan sebelum pelaksanaan Leaders-Retreat RI-Singapura di Lagoi, Bintan dalam bulan ini.

Selengkapnya tempo.co