Sydney: Presiden Joko Widodo menegaskan kemitraan ASEAN dan Australia saling menguntungkan. Hal ini terlihat dalam bidang perdagangan.

"Kemitraan ASEAN-Australia harus dapat menjadi contoh kerja sama ekonomi dapat saling menguntungkan, menjadi contoh sebuah kemitraan yang membawa kebaikan bagi dunia," kata Presiden Joko Widodo dalam sidang pleno ASEAN-Australia Special Summit di International Convention Centre (ICC), Sydney, Minggu, 18 Maret 2018.

Kerja sama ekonomi ASEAN-Australia, kata Presiden, memiliki nilai strategis. Perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN, Australia, dan Selandia Baru menjadi perjanjian paling maju bagi ASEAN.

"Kita catat bahwa ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement memiliki tingkat liberalisasi barang rata-rata 93,5 persen," ungkap Presiden.

ASEAN-Australia pun harus menjadi lokomotif sistem perdagangan bebas yang terbuka dan adil di kawasan. "Oleh karena itu, kita harus kuatkan komitmen untuk menyelesaikan perundingan RCEP (regional comprehensive economic partnership agreement) di 2018 ini," tambah Presiden.