JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon memimpin delegasi parlemen Indonesia dalam rapat Komite Eksekutif ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang diselenggarakan di Raffles City Convention Centre (RCCC), Singapura, Senin 3 September 2018 malam.Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut didampingi oleh dua anggota DPR lainnya, yaitu Amelia Anggraini dari Nasdem dan Kartika Yudhisti  dari PPP.

Dalam rapat yang bertugas untuk memutuskan agenda serta daftar resolusi yang akan dibahas dalam Sidang Umum ke-39 AIPA 7 September 2018, delegasi parlemen Indonesia kembali memperjuangkan isu krisis kemanusiaan di Rohingya, Myanmar untuk dijadikan salah satu resolusi.

“Kasus Rohingya harus menjadi perhatian parlemen negara-negara ASEAN. Sebagai organisasi parlemen regional, AIPA tidak boleh menyembunyikan isu kemanusiaan di Myanmar dengan menolak untuk membahas serta memberikan pernyataan atas masalah tersebut hanya demi menjaga hubungan baik dengan tetangga," tutur Fadli seusai rapat Komite Eksekutif AIPA, di Singapura, Senin 3 September 2018.