REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim meluncurkan buku bahan ajar soal ASEAN yang diperuntukkan bagi murid tingkat dasar dan menengah, Rabu (1/9). Buku setebal 254 halaman itu diharapkan dapat membuat generasi muda Indonesia lebih mengenal ASEAN.

"Penting untuk menanamkan pemahaman ASEAN bagi masyarakat Indonesia sejak usia dini. Saya mengapresiasi penyusunan Buku Bahan Pengajaran ASEAN sebagai upaya kita mengenalkan ASEAN kepada generasi muda," ujar Menlu Retno dalam peluncuran buku yang dilakukan secara virtual, Rabu (1/9).

Retno menekankan kembali bahwa generasi muda harus lebih mengenal ASEAN dan bangga terhadap identitas Komunitas ASEAN. Generasi mudalah, ujar Retno, yang akan menentukan arah dan corak kawasan ASEAN di masa depan.

Menurut survei ISEAS-Yusof Ishak Institute pada Februari 2021 di 10 negara ASEAN, sebanyak 38,7 persen responden menilai ASEAN masih bersifat elitis dan jauh dari masyarakat. Sementara di Indonesia, angkanya di atas rata-rata negara ASEAN yakni 49, 6 persen responden.

Selengkapnya Republika