Semarang, 14/8 (Antara) – Komisi Hak Asasi Manusia Antarpemerintah ASEAN (The ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights atau AICHR) menggelar lokakarya tentang upaya penegakan hak asasi manusia, 14 – 15 Agustus 2018, di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berdasarkan rilis yang diterima di Semarang, Selasa, Lokakarya tersebut akan mempertemukan perwakilan – perwakilan AICHR, pejabat terkait dari otoritas penegak hokum dan penjara dari neegara – negara anggota ASEAN.

Tujuannya untuk melihat, mendengar dan mendiskusikan bagaimana upaya pencegahan dan pemberatasan tindak kekerasan telah dilakukan oleh negara – negara yang telah berkomitmen untuk meratifikasi Konvesi PBB tentang  Melawan Penyikasaan dan Perlakuan atau Penghukuman yang Kejam, Tidak Manusiawi atau Merendahkan Martabat Manusia.

AICHR berkomitmen untuk mempromosikan pencegahan dan pemberantasan tindak penyiksaan dan segala bentuk tindakan kejam dan merendahkan martabat manusia atau melanggar hak asasi manusia seperti yang tertuang di dalam pasal 14 Deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN.