Jakarta - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memasukkan sejarah dan nilai-nilai Pancasila ke dalam buku bahan pengajaran ASEAN bagi pendidikan menengah yang saat ini sedang digodok. Ahmad berharap para siswa bisa memahami ASEAN dibentuk dengan semangat persatuan dan keadilan sosial sebagaimana nilai yang termaktub dalam Pancasila.

"Dua tujuan yang termaktub dalam deklarasi berdirinya ASEAN kan sesuai dengan prinsip Pancasila. Tujuan pertama untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan budaya kawasan. Tujuan kedua untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dalam hubungan antara negara-negara di Kawasan,'' jelas Ahmad Basarah dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri itu menjelaskan, Indonesia membawa semangat Pancasila saat terlibat dalam pembentukan ASEAN. Selain itu, prinsip musyawarah mufakat juga sejalan dengan prinsip unanimity pada Chapter 7 Artikel 20 Piagam ASEAN.