KBRNJakarta: Negara-negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Football Federation (AFF) mendukung penuh Indonesia dalam pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2021.  Dukungan itu diberikan, setelah Thailand dan Myanmar, yang sebelumnya juga ikut pencalonan sebagai tuan rumah bersama, menyatakan mundur dari pencalonan tuan rumah salah satu ajang sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.

Dengan demikian, Indonesia kini hanya akan bersaing dengan Brasil, Peru dan tiga negara Arab yang menjadi tuan rumah bersama yakni Arab Saudi, Uni Emirate Arab dan Bahrain. Meski demikian, Indonesia sendiri telah mendapatkan dukungan dari AFF yang diungkapkan langsung oleh President AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth. 

"Kami menyambut perkembangan terbaru dan saya ingin menegaskan dukungan terhadap Indonesia dalam upaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021," tutur President AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth di sela-sela AFF Council Meeting di Pattaya, Thailand seperti dikutip situs resmi PSSI, Selasa (27/8/2019). 

Menanggapi dukungan tersebut, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengaku sangat senang. Wanita berparas cantik berkacamata itu, menyambut baik dukungan penuh negara-negara ASEAN tersebut.  "Ini hal yang positif buat Indonesia. Tentu kita membutuhkan dukungan dari negara kawasan ASEAN," tegas Tisha yang juga menjabat sebagai Vice President AFF. 

Disamping itu, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, PSSI sendiri telah mendapat persetujuan dari dan dukungan dari Presiden Joko Widodo. Bahkan, demi merampungkan hal tersebut, rapat koordinasi terus dilakukan untuk persiapan dokumen pencalonan tuan rumah yang dipimpin Kemenpora dan Sekretaris Kabinet.