Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50 ribu reagen PCR dan 20 ribu RNA extraction untuk mendeteksi infeksi virus corona atau COVID-19 didatangkan ke Indonesia dari Korea Selatan.

Puluhan ribu alat tes COVID-19 itu diterbangkan dari Bandara Incheon menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (19/4).

“Setibanya di Jakarta kami langsung berkoordinasi dengan rekan-rekan terkait lintas kementerian, untuk mengamankan proses unloading barang di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Rizqi Adri Muhammad, diplomat muda KBRI Seoul yang mengawal pengiriman alat tes COVID-19 ke Jakarta.

Kemudian, alat tes COVID-19 tersebut diserahterimakan kepada pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk kemudian dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta Pusat.

“Kami berharap semoga fasilitasi pengiriman alat tes dan alat kesehatan tersebut dapat mendukung sepenuhnya upaya penanggulangan penyakit COVID-19 di Indonesia,” ujar Rizqi dalam video yang dikirim oleh KBRI Seoul, Senin.

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, alat tes COVID-19 yang didatangkan dari Korea Selatan sangat penting untuk melakukan pengujian sampel termasuk tes secara masif.

Selengkapnya Antara News