Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah  Konferensi Asia-China People to People Friendship Organization (China ASEAN Conference on People to People Friendship Organizations/CACPPFO) ke-12, yang akan diselenggarakan 10-12 November 2019, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Ketua Lembaga kerjasama ekonomi, sosial dan budaya Indonesia-Tiongkok (LIT) Sudrajat menerangkan ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah CACPPFO. Dia menyebut Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah CACPPFO yang ketiga pada 2008. 

"Nah konferensi ini dilaksankan setiap 2 tahun sekali, dan tahun ini adalah tahun yang ke-12Indonesia adalah menjadi tuan rumah yang kedua kalinya, kalau dulu yang pertama tahun 2008," ungkap Sudrajat dalam jumpa pers di Kantor Pusat LIT, Gedung Sahid Sudirman Centre, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019). 

LIT sebagai lembaga yang dibentuk pada tahun 1992 adalah sebagai tonggak sejarah pencairan hubungan diplomatik antara Indonesia dan China. Karena hal tersebut maka, lembaga ini diamanahkan menjadi penyelenggara konferensi tersebut. 

Sudrajat menyatakan bahwa maksud dari kongres ini, adalah untuk mengambil sikap-sikap, kegiatan-kegiatan dan program dalam rangka mempromosikan hubungan kemasyarakatan di 10 negara ASEAN dengan China.

Selengkapnya Bisnis.com