ASEAN Foundation dan SAP hari ini telah menyelenggarakan final regional ASEAN Data Science Explorers (DSE) di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Siswa yang mewakili Malaysia, Indonesia, dan Thailand dianugerahi tiga penghargaan teratas untuk wawasan dan gagasan inovatif mereka untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi utama di kawasan ASEAN.

Ini adalah tahun pertama ASEAN DSE diselenggarakan di seluruh 10 negara anggota ASEAN sebagai bagian dari kemitraan strategis antara ASEAN Foundation dan SAP. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk mempersiapkan pemuda masa kini untuk dunia masa depan. Inisiatif ini mendorong peserta untuk menyampaikan wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu di ASEAN di enam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu (1) kesehatan dan kesejahteraan yang baik, (2) pendidikan berkualitas, (3) kesetaraan jender, (4) air bersih dan sanitasi, (5) pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, dan (6) kota dan masyarakat yang berkelanjutan. Peserta didorong untuk memanfaatkan kekuatan data untuk menghasilkan wawasan yang berdampak dan konstruktif yang dapat menghasilkan solusi inovatif untuk masalah sosial.

Tim `ASEANalysts` yang terdiri dari Thean Su Mei danWong Feng Ming, mewakili Malaysia , keluar sebagai pemenang pada babak face-off regional ini. Projek mereka yang berfokus kepada peningkatan pendidikan dasar, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (SDG) pendidikan inklusif dan berkualitas untuk semua. Kedua kontestan adalah mahasiswa dari Monash University.

Selengkapnya krjogja.com