Liputan6.com, Bangkok - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mendapat jersey bernomor punggung 21 dari FIFA. Itu terlihat dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA Penandatanganan MoU itu berlangsung di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). MoU tersebut berbicara tentang pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan oleh para pemimpin negara-negara ASEAN. Presiden Jokowi beserta enam pemimpin ASEAN lainnya diberikan jersey berwarna biru sebagai cendera mata dari FIFA. Khusus untuk Jokowi, FIFA memberi nomor punggung 21.

Nomor itu bermaksud melambangkan Indonesia yang telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia di bawah usia 20 pada tahun 2021 nanti. Di saat yang sama, para pemimpin ASEAN lainnya diberikan jersey bernomor punggung 9 dan 10. Salah seorang delegasi FIFA yang hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa nomor punggung 9 diperuntukkan bagi para kepala pemerintahan. Sementara nomor punggung 10 diberikan kepada para kepala negara.